Rumah Zakat Salurkan Bibit Pepaya California

Selasa, 30 Januari 2018 19:12 WIB

BLORA (wartablora.com)—Rumah Zakat bersama Cita Sehat Foundation memberikan bantuan bibit buah pepaya berjenis california kepada 40-an warga Desa Sempu, Kecamatan Kunduran, Selasa, 30 Januari 2018. Bantuan diberikan untuk memberdayakan masyarakat setempat guna memanfaatkan lahan pekarangannya sendiri dalam memenuhi gizi keluarga.

Tulus Prihadi, Relawan Inspirasi Rumah Zakat mengatakan, bantuan diberikan kepada warga yang memiliki pekarangan.

"Dengan harapan kelak warga yang menanam pepaya california ini dapat memenuhi gizi keluarganya masing-masing dengan adanya buah-buahan di meja makan mereka," katanya.

Tulus mengatakan, pepaya california banyak mengandung zat-zat yang bermanfaat buat tubuh.

Mengutip dari Republika yang menggunakan sumber dari Kantor Berita Antara, pepaya california sebenarnya bukan berasal dari Amerika. Pepaya ini oleh penemunya dinamakan pepaya callina. Namun oleh para pengusaha yang menjual pepaya tersebut di supermarket-supermarket, buah ini dilabeli dengan pepaya california untuk mengelabui seolah-olah pepaya ini berasal dari California, Amerika Serikat.

Pepaya callina merupakan varitas temuan Prof  Dr Ir Sriani Sujiprihati MS dari Institut Pertanian Bogor.

"Yang menamakan itu pepaya california bukan kami, tapi pedagangnya. Padahal itu adalah pepaya callina hasil pemuliaan yang kami lakukan bertahun-tahun," kata Dr Sriani, kepala Divisi Pemuliaan Tanaman, Pusat Kajian Buah Tropika (PKBT) IPB, mengutip dari Republika. (*)