Babinsa Koramil 12/Ngawen Bantu Petani di Desa Berbak Usir Hama Kresek

Sabtu, 23 Desember 2017 15:18 WIB

BLORA (wartablora.com)—Penyakit kresek di tanaman padi merupakan salah satu hama utama yang menjangikiti tanaman tersebut. Salah satu cara untuk menanggulanginya adalah dengan penyemprotan insektisida di tanaman itu. Untuk membantu para petani di wilayah teritorialnya, Koramil 12/Ngawen, Sabtu, 23 Desember 2017, menerjunkan anggota Babinsa-nya ke Desa Berbak mengusir hama penyakit tersebut.

Dua anggota Babinsa Koramil 12/Ngawen Kodim 0721/Blora, masing-masing Sertu Sutarno dan Koptu Slamet Nuri, turun ke sawah membantu para petani melakukan penyemprotan insektisida.

Danramil 12/Ngawen Kapten (Cpl) Sumanto mengatakan, tentara turun ke sawah membantu petani sebagai bentuk dukungan TNI terhadap program Upsus (upaya khusus) dari pemerintah dalam peningkatan produksi padi, jagung, dan kedelai guna mencapai swasembada.

"Tentu kegiatan ini dilaksanakan guna membantu petani untuk secara dini bisa menanggulangi dan menangkal hama kresek, serta memberikan pembelajaran kepada para petani agar mempersiapkan dan merawat tanaman mereka dengan benar," katanya.

Sertu Sutarno dan Koptu Slamet Nuri melakukan penyemprotan di sawah para petani di Desa Berbak, Kecamatan Ngawen, seluas tak kurang 2 hektar.

Hadir dalam penyemprotan yang dilakukan Baninsa Koramil Ngawen, Kepala UPTD Pertanian Ngawen Agus Supriyanto, Kades Berbak Sugih Raharjo beserta perangkat desanya, petugas PPL, dan sejumlah 17 petani dari Poktan Sido Makmur 1 Desa Berbak.

Salah seorang petani yang sawahnya turut disemprot anggota TNI, Ngarjiman menyambut gembira atas bantuan yang diberikan anggota Babinsa dari Koramil Ngawen.

"Dengan adanya pendampingan dari Babinsa dan PPL yang turun langsung membantu petani sangat dirasakan oleh para petani, dan saya mengucapkan banyak terima kasih kepada anggota Babinsa dan PPL. Semoga ini terus dilaksanakan guna membantu para petani," ujarnya. (*)